Friday, February 13, 2009

Wayang Orang Warisan Keraton Surakarta


Pertunjukan wayang orang menjadi satu peninggalan budaya Keraton Surakarta yang tersisa. Sejak kepemimpinan Pakubuwono ke-X, pertunjukan wayang orang tak lagi milik keluarga istana, tapi bisa dinikmati masyarakat umum. Pertunjukan yang berusia lebih seabad itu, kini seakan tertidur lelap, tak terdengar kabarnya lagi. Reporter KBR68H Nanda Hidayat berkunjung ke Solo Jawa Tengah untuk melihat pertunjukan wayang orang yang masih bertahan ditengah terpaan pertunjukan modern.

Audio: Suasana wayang orang

Lakon tiga raksasa menjadi pembuka pertunjukan wayang orang di gedung Sriwedari, Solo Jawa Tengah. Judul lakon ini adalah ‘Sakuntala’, sebuah cerita Jawa Kuno, yang memberi pesan moral akan kesetiaan suami kepada istrinya.

Tepuk tangan penonton tak juga mengusir kesunyian pertujukan yang berlangsung pada Jumat malam itu. Bukan karena kota Solo diguyur hujan seharian, tapi dari 500 kursi yang tersedia, hanya 20-an yang terisi penonton. Suasana pun nampak lengang meski lakon raksasa, lenggak-lenggok penari dan banyolan Petruk kerap menghibur penonton.

Audio: Suasana wayang orang

Meski sepi, setiap hari selalu disajikan cerita yang berbeda. Dengan begitu, dalam setahun ada 365 cerita yang harus disiapkan sejumlah sutradara. Salah satu sutradaranya adalah Dewoso, yang sudah bergabung dengan Wayang Orang Sriwedari sejak 2000 lalu.

Audio: Kami punya program dalam satu tahun ngak ada yang sama, paling tidak menyeiapkan 365 cita dan refrensi buku yang tua hanya di Sriwedari kalau yang muda itu saya kasih yang asli dari India. syarat-syarat Pusnopropwojo atau syarat-syarat yang ada di Keraton Surakarta harap dibaca

Audio: Suasana pebelian tiket

Penonton hanya perlu mengeluarkan uang 3 ribu rupiah untuk menonton pertunjukan yang berlangsung selama tiga jam, dari pukul 8 hingga 11 malam. Puji Maharani seorang penjaga tiket, nampak santai mencorat-coret kertas kosong menunggu penonton di loket karcis. Hingga 10 menit pertunjukan dimulai, baru 13 tiket yang laku terjual.

Audio: Wah hari ini 11 mas dan 13 sama yang dua tadi. Biasanya sampai 20-26 hari biasa, kalo hariminggu lebih dari 100, hari Minggu saja yang rame. Ada 500 kursi, tiap hari rata-rata 25 banyak yang kosong, kalau malam Minggu aja sama hari libur sekolah yang rame sekali, kalau hari biasa sepi tadi malam cuma 14.

Gedung wayang orang Sriwidari terletak sekitar dua kilometer dari Keraton Kasunanan Surakarta. Di depan gedung seluas 600 meter itu, terdapat patung Gatot Kaca dan Srikandi. Ada juga spanduk bertuliskan “Cintailah Budaya Negeri Kita”. Sayanganya, gedung kesenian berasitektur tua itu nampak tak terawat dengan baik. Atap atas gedung terlihat rusak dan dinding gedung sulit dibedakan apakah berwarna putih atau kuning. Untunglah, sebagian penonton masih merasa nyaman berada di dalamnya karena dilengkapi mesin pendingin ruangan dan bangku kayu yang masih berfungsi baik.

Audio: Suasana tempat hiburan

Dua ratus meter di depan gedung wayang orang Sriwedari terdapat tempat hiburan keluarga dan anak-anak. Tempat ini nampak ramai pengunjung meski harga tiketnya lebih mahal. Suasana yang begitu kontras dengan gedung wayang orang.

Audio: Suasana tempat hiburan

“Kesetiaan Melestarikan Peninggalan Kebudayan Keraton.” Itulah kunci yang menjadi panutan masyarakat Solo untuk tetap mempertahankan keberadaan wayang orang. Adalah kebanggaan tersendiri bagi 80 anggota wayang orang Sriwedari yang tetap bertahan di tengah terpaan pertunjukan modern. Dewoso, koordinator yang sekaligus penari wayang orang Sriwedari, berkomitmen tetap melestarikan pertujukan wayang orang yang sudah ada sejak Raja Pukubuwono ke X, atau lebih dari seabad silam.

Audio: Wayang orang Sriwedari itu sudah satu abad lebih, dulu itu budaya keraton surakarta yang pada masa pemerintahan Pakubuwono X itu sebagai himbuan raja kareana bukan asli budaya solo keraton maka dimasukkan ke taman sriwidari untuk hiburan masyarakat umum, itu sekitar tahun 1921

Dewoso pun bertekad mengembalikan kejayaan pertunjukan wayang orang seperti di era 80-an.

Audio: Masa kejayaan itu seitar 80-an masa Pak Surono, Bu Darsih dan Pak Rusman, dan setelah Pak Rusman meninggal itu sekitar 99 hingga 2003 kita bisa dibilang mati tak mau dan hdup juga enggan…

Ibarat magnet, pertunjukan wayang orang telah menyatu dengan masyarakat Solo. Tak ada hari tanpa pertunjukan. Mahrani Purjono, pedagang minuman di gedung wayang Sriwedari, ikut jadi saksi naik turunnya jumlah penonton wayang orang. Meski tak memperoleh untung banyak dari berdagang selama 51 tahun di sana, Mahrani bangga menjadi bagian dari peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta.

Audio: Bahasa Jawa : sekitar tahun seket siji iya.. ya ndak anu, malam minggu aja rame.. dulumasih dipager kawat. Ya ndak pindah kasih, boten pindah yang penting seketik-seketik sekalian nonton. boten.. paling 5000 [Artinya : Saya sudah berjualan selama 51 tahun di sini, yang tidak mau pindah kasian. Ramenya sih bisanya malam minggu. Kalau dulu rame, dulu masih dipagar kawat belum gedung seperti sekarang. Saya ngak pindah, baitr untungnya dagang Cuma sedikit-sedikit sekalian nonton.. paling untungnya 5000 aja]

Pemerintah daearah kota Solo memasukkan pertunjukan wayang orang sebagai budaya Keraton Kasunanan Surakarta yang harus dilestarikan. Karena itu, menurut kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Solo, Purnomo Subagio, pentas wayang orang di gedung Sriwedari harus dipertahankan meski terkendala banyak masalah.

Audio: Itu wayang orang itu tiap malam mesti pentas meski ngak ada yang nyaksikan itu harus pentas. Problemnya itu fisik bangunan , peralatan yang harus dibenahi kita belum tahu itu tergantun kebijakan kepala daerah agar wayang orang ini kembali digemari oleh msyarakat, khusunya oleh masyarakat Surakarta.

Tapi niat dan komitmen saja tak cukup untuk melestarikan pertunjukan wayang orang. Perbaikan apa saja yang dibutuhkan demi keberlangsungan hidup wayang orang Sriwedari di Surakarta?

Audio: Suasana wayang orang

Audio: Untuk pelestarian budaya kami tetap aksis karena ikon kota solo khususnya ialah wayang orang dan di Indonesia hanaya satu yang eksis yaitu hanya di Sriwedari. Mungin sudah mendapat dari luar nmegeri bahwa wayang orang ini tolak ukur budaya wayang orang

Ketertarikan Dewoso untuk mempelajari wayang orang dimulai sejak usia kanak-kanak. Kini dia bertugas memimpin para penari dalam pertunjukan wayang orang di Gedung Sriwedari, Solo. Selain sebagai sutradara, Dewoso turut bermain di tiap pementasan. Tak hanya di dalam negeri, tapi juga saat pentas di mancanegara.

Audio: Suasana wayang orang

Bersama 80 anggota penari wayang orang Sriwedari lainnya, Dewoso telah diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Solo sejak 2000 lalu. Tugasnya menari di panggung Sriwedari, ramai ataupun sepi penonton. Dia bangga bisa ikut melestarikan budaya Keraton Kasunanan Surakarta yang berumur lebih dari 100 tahun. Bahkan, darah seni yang mengalir dari keluarganya kini turun ke sang anak yang juga mulai belajar menari.

Audio: Bergabung di wayang orang jadi kami diangkat sebagai pegawai negeri sipil tapi khusus untuk pelestarian budaya wayang orang, saya secara peribadi melaksanakan tugas dan banga karena bisa menyalurkan apa yang ada dalam diri saya. sya berlatar belakang dari keluarga seniman, saya juga seniman, anak saya juga. saya merasa bangga sekali dan saya total..

Materi bukan ukuran kepuasan bagi anggota Wayang Orang Sriwedari. Tri Haryanti, salah satu penari, justru merasakan tingkat kepuasan yang tinggi setiap kali mampu membawakan lakon dengan baik setiap kali pentas. Tapi kekecewaan tak bisa ditutupi saat pementasan sepi dikunjungi penonton.

Audio: Main disini seneng, kerja disini soalnya kerjanya santai, kalau sepi kecewa tapi sudah biasaya. tapi anggap saja banyak penontonya biar semangat kerja. bangga.. bangga sekali bahkan pengennya ebih maju agar penontonnya banyak gitu aja…

Audio: Suasana wayang orang

Supaya penonton wayang orang membludak lagi seperti dulu, perlu ada banyak perbaikan. Mulai dari cerita yang dibawakan, juga tata lampu dan pencahayaan, tata panggung serta bahasa yang dipakai.

Audio: Suasana wayang orang

Bambang Sugiyanto sudah menonton wayang orang Sriwedari sejak usia kanak-kanak. Meski ia adalah penutur bahasa Jawa, ia mengaku kerap tidak mengerti lakon yang ditampilkan dalam pertunjukan tersebut.

Audio: Jujur sebenarnya hanya diajak kakak sya kesini. saya ngak tahu ini. itu masukan bagi kakak saya yang kebetulan kepala bidang pariwisata, saya ngak tahu lakonnya dan mungkin karena saya orang jawa jadi saya tahu mau kemana ceritanya..

Sembari menunjuk panggung yang tak terlalu terang, Bambang Sugiyanto menekankan pentingnya perbaikan di teknologi pencahayaan, latar panggung serta suara. Kata Bambang, masalah ini kerap dikeluhkan penonton.

Audio: Sebenarnya saya perlu kasih masukan untuk perbaikan. misalnya waktu saya kecil terlihat terang sekarang kurang misalnya dari unsur pencahayaan. terus mungkin mestinya isa masukan untuk theknoligi seperti pake LCD. tapi apakah itu akan merubah dari ketradisionlanya iitu belum tahu. munkin diperbaiki dari pencahayaan dan multimedia karena anak muda sekarang senangnya dengan theknologi

Masyarakat Solo menaruh harapan besar kepada pemerintah setempat untuk melestarikan dan memajukan kebudayaan wayang orang. Tapi dana jadi kendala, kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Solo, Purnomo Subagio.

Audio: Memang masih membutuhkan dana yang cukup besar kita perioritaskan dimasalah ekonomi dulu untuk tahun ini memang masalah ekinomi dikota solo dulu. untuk wayang orang berjalan sepeerti adanay dulu.

Meski ada kendala di sini dan di situ, Purnomo bangga karena pelakon wayang orang bisa menyumbangkan 5 juta rupiah ke kas daerah setiap tahun.

Audio: Mereka itu sudah digaji PNS jadi tiap bulan, makanya tiap malam main meski ngak ada penontonnya. karcis masuk ke PAD satu tahun dapat erapa penjualan karcis ya ngan begitu banyak mungkin targetnya Cuma lima juta PAD karcis itu untuk satu tahun

Audio: suasana wayang orang

Audio: Untuk pelestarian budaya kami tetap aksis karena aikon kota solo khususnya ialah wayang orang dan di Indonesia hanaya satu yang eksis yaitu hanya di Sriwedari. mungkin sudah mendapat dari luar nmegeri bahwa wayang orang ini tolak ukur budaya wayang orang

Audio: Main disini seneng, kerja disini soalnya kerjanya santai, kalau sepi kecewa tapi sudah biasaya. tapi anggap saja banyak penontonya biar semangat kerja. bangga.. bangga sekali bahkan pengennya ebih maju agar penontonnya banyak gitu aja

Audio: Suasana wayang orang


[Nanda Hidayat | KBR68H]


foto: www.swaberita.com

5 comments:

  1. [url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
    [b]kaspersky work space security reviews, [url=http://firgonbares.net/]microsoft money software[/url]
    [url=http://firgonbares.net/][/url] order request software order taking software
    discount children's software [url=http://firgonbares.net/]Pro 8[/url] photoshop oem software
    [url=http://firgonbares.net/]microsoft blog software[/url] old software store
    [url=http://firgonbares.net/]software for resellers[/url] download windows xp sp2
    Pro 11 Mac StuffIt [url=http://firgonbares.net/]buy adobe dreamweaver cs4[/b]

    ReplyDelete
  2. [url=http://sunkomutors.net/][img]http://sunkomutors.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
    [b]free software to sell, [url=http://sunkomutors.net/]online store software with[/url]
    [url=http://sunkomutors.net/][/url] buy pirated software discount software house review
    shop savvy software [url=http://sunkomutors.net/]what software to buy[/url] software for ms office
    [url=http://sunkomutors.net/]adobe photoshop cs4 academic discount[/url] adobe photoshop cs4 serial number crack
    [url=http://sunkomutors.net/]freeware dvd decoder windows xp home[/url] Readiris Pro
    software installation order [url=http://sunkomutors.net/]filemaker pro 4, driver[/b]

    ReplyDelete
  3. [url=http://hopresovees.net/][img]http://hopresovees.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
    [b]a1 discount software, [url=http://bariossetos.net/]professional software discount[/url]
    [url=http://hopresovees.net/][/url] adobe acrobat professional 9 crack place to buy software
    software for small shop [url=http://hopresovees.net/]coreldraw graphics suite[/url] game software stores
    [url=http://bariossetos.net/]Mac OS Server[/url] buy adobe dreamweaver cs3
    [url=http://bariossetos.net/]which software to buy[/url] you sell software
    can windows xp look like windows vista [url=http://bariossetos.net/]nero 9 torrents[/b]

    ReplyDelete
  4. [url=http://murudobaros.net/][img]http://murudobaros.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
    [b]to buy software update, [url=http://murudobaros.net/]Finale 2009 FileMaker[/url]
    [url=http://murudobaros.net/]windows xp software to buy[/url] security software to buy software in shops
    shop foreman pro software [url=http://murudobaros.net/]windows xp 64 bit[/url] office 2003 contact manager
    [url=http://murudobaros.net/]discount ms office software[/url] acdsee pro
    [url=http://murudobaros.net/]music education software[/url] educational software com
    i buy computer software [url=http://murudobaros.net/]book software canada[/b]

    ReplyDelete
  5. [url=http://hopresovees.net/][img]http://hopresovees.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
    [b]buy it now software, [url=http://hopresovees.net/]adobe photoshop extended cs4 student for mac[/url]
    [url=http://vonmertoes.net/][/url] photoshop for album artwork mac free kaspersky internet security 2009 key file activation
    buy it now software [url=http://bariossetos.net/]coreldraw graphics suite x4 keygens[/url] tamu software purchase
    [url=http://vonmertoes.net/]education software store[/url] game software stores
    [url=http://vonmertoes.net/]software reseller discount[/url] windows vista home premium
    student discounts on adobe software [url=http://bariossetos.net/]2009 cheap software[/b]

    ReplyDelete