Thursday, January 29, 2009

Mesjid Bengkok, Cerita Kerukunan Muslim-Tionghoa

Kampung Kesawan adalah salah satu gambaran Kota Medan tempo dulu. Ada banyak bangunan tua dengan catatan sejarah pembauran multi etnis di kota ini. Salah satunya adalah Mesjid Bengkok, sebuah mesjid berbentuk rumah Cina yang dibangun oleh seorang Taipan Cina pula. Mesjid ini menjadi saksi dan symbol pembauran antara etnis Tionghoa dan etnis Melayu di Medan. Reporter KBR68H Regie Situmorang berkelana ke Mesjid Bengkok dan menulis cerita berikut.

Audio: Suasana Jalan Kesawan

Jalan Ahmad Yani di Kota Medan, Sumatera Utara, ini selalu ramai. Orang menyebutnya Jalan Kesawan, karena di abad 19, hamper seluruh area ini dimiliki oleh Datuk Mohammad Ali, yang populer dengan sapaan Datuk Kesawan. Ini adalah salah satu pusat niaga di jantung Kota Medan, dihiasi sejumlah bangunan kuno.

Salah satu bangunan yang menarik perhatian adalah bangunan berbentuk klenteng, tempat ibadah orang Tionghoa. Atapnya melengkung, dan di bagian gedung itu terdapat 4 buah tiang berdiameter setengah meter yang menopang seluruh bangunan. Di bagian atas tiang itu terdapat patung buah jeruk dan anggur, ciri khas rumah China.

Audio: Suasana sholat di masjid bengkok

Ini adalah sebuah mesjid, namanya Mesjid Lama atau Mesjid Gang Bengkok. Saya bertemu salah satu pengurus mesjid, Silmi Tanjung. Dia bercerita tentang sejarah mesjid ini.

Audio: Bentuk mesjid ini memang bentuknya seperti kelenteng, ada etnis Chinanya, terutama bagian atas. Terus ini juga bentuk stupa, ini seperti candi-candi. Sekilas, ini disebut orang sebagai kelenteng. Sehingga masjid ini memberikan kesan bahwa masjid ini bukan cuma orang islam, tapi juga etnis China atau Tionghoa. Tapi yang jelas ini adalah masjid, bukan kelenteng

Audio: Suasana sholat di masjid bengkok

Audio: Kenapa di namakan bengkok, karena dulu di depan masjid ini adalah sebuah gang, belum jalan. Nah, gang ini memang bengkok bentuknya, makanya dinamakanlah masjid Gang Bengkok. Tapi karena kendaraan semakin ramai, maka di buat jalan, nah inilah bengkoknya. Tapi masjid ini juga disebut sebagai masjid lama. Karena ini memang berdiri sejak dulu, ketika Sultan Deli, yaitu Sultan Makmun Al Rasyid naik tahta.

Mesjid ini juga menyimpan jejak Melayu pada arsitektur bangunannya. Di plafon mesjid, terdapat umbai-umbai hiasan yang disebut ‘lebah bergantung’. Hiasan ukiran ini dibuat dari kayu papan, berbentuk semacam tirai, dengan warna kuning, khas Melayu.

Audio: Ini lah liat tiangnya, ini ada buah buah, nah ini seperti rumah etnis tionghoa. Nah di atasnya juga ada lebah bergantung, ini memberikan kesan melayu. Karena disinikan banyak orang melayu juga. Ada juga nuansa islam persia, itu gapuranya.

Mesjid Bengkok adalah perpaduan Tionghoa dan Melayu, sebagai simbol kerukunan diantara keduanya sejak abad 19. Kerukunan itu terus terjaga seiring waktu. Misalnya saat era Reformasi pada 1998 silam. Saat itu kondisi Medan mencekam karena ada penyerangan terhadap etnis Tionghoa. Di sana, etnis Melayu lah yang mengevakuasi etnis Tionghoa ke Kesawan, berlindung di Mesjid Bengkok.

Pengurus Masjid, Silmi Tanjung

Audio: Saya ingat pada kerusuhan mei 1998. Waktu itu isu pembantaian etnis China. Tapi kita langsung evakuasi orang China sekitar sini. Kita masukan ke dalam masjid mereka. Dan disini pun tidak terjadi apa apa. Mereka aman, kita yang jaga. Jadi masjid ini memang melambangkan perdamaian kita..

Tidak ada yang betul-betul tahu, kapan mesjid ini mulai dibangun. Perkiraannya, sekitar tahun 1900-an. Menurut cerita masyarakat setempat, peletakan batu pertama mesjid dilakukan oleh Sultan Makmun Al Rasyid, sultan tertinggi di Medan yang kala itu bernama Kesultanan Deli. Tanah tempat mesjid berdiri adalah hibah dari Datuk Mohammad Ali, alias Datuk Kesawan, pemiliki sejumlah lahan tanah di sana.

Audio: Datuk Mohamad Ali adalah orang yang mewakafkan tanah ini. Dia disebut juga oleh Datuk kesawan. Nah, setelah ini diwakafkan, barulah masjid ini di bangun. Karenanya tidak heran, daerah ini disebut dengan kampung kesawan, karena yang punya dulu Datuk Mohamad Ali Kesawan.

Tanah milik Datuk Kesawan, batu diletakkan pertama kali oleh Sultan Makmun Al Rasyid, tapi bukan keduanya yang membiayai pembangunan mesjid. Keseluruhan mesjid dibiayai oleh seorang taipan asal Cina, bernama Tjong A Fie. Konon, mesjid ini dibangun sebagai penghormatan etnis Tionghoa kepada etnis Melayu pada 1900an.

Audio: Memang kalau di medan ini, masjid lama Gang Bengkok pasti identik oleh sosok Tjong A Fie. Orang tua saya juga bercerita tentang sosok Tjong A Fie, yang dikenal sebagai seorang Tionghoa yang dermawan. Termasuk pembangunan Masjid ini adalah hasil uang dari Tjong A Fie sendiri.

Setelah mesjid selesai dibangun, Tjong A Fie menyerahkannya kembali kepada Sultan Makmun Al Rasyid. Selanjutnya, Sultan menunjuk seorang ulama bernama Syech Mohammad Yacup untuk mengurus dan memelihara mesjid dengan luas 2200 meter persegi ini.

Kini, tanggung jawab pemeliharaan mesjid dipegang oleh generasi ketiga Syech, yaitu Sazli Nasution, yang sekaligus menjadi Wakil Nazir atau pengurus masjid yang membidangi dakwah di Mesjid Bengkok. Kata Sazli, mesjid ini terus mempertahankan maknanya, sebagai symbol persatuan antara umat Muslim dengan etnis Tionghoa di Kesawan. Buktinya, warga Tionghoa tak segan-segan ikut merawat mesjid ini.

Audio: Etnis Tionghoa senang sekali untuk merawat masjid ini. Mereka sering menyumbang keramik, cat, dll untuk perawatan. Pokoknya, mereka untuk ke mesjid ini, itu peduli sekali.

Nama Tjong A Fie hingga kini tetap melegenda, sebagai wujud nyata semangat pembauran antar kelompok masyarakat di Medan. Siapa sebenarnya Tjong A Fie ini?

Audio: Suasana di Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie hanya berjarak 300 meter dari Mesjid Bengkok, tepatnya di Jalan Ahmad Yani nomor 105, Medan. Rumah ini dinamakan ‘Tjong A Fie Mansion’, yang ditetapkan sebagai benda cagar budaya oleh pemerintah kota Medan sejak 1989. Bahkan Badan PBB UNESCO juga menetapkan Tjong A Fie Mansion ini sebagai peninggalan sejarah yang wajib dilindungi.

Audio: Suasana di Rumah Tjong A Fie

Rumah ini sangat melegenda bukan hanya karena ada nama Tjong A Fie di sana. Kekayaan arsitektur dan sejarah yang melekat di sana juga ikut berperan. Rumah ini dibangun di atas tanah seluas 2200 meter persegi, dengan waktu pengerjaan selama 5 tahun. Tjong A Fie Mansion berdiri megah di tepi jalan ramai dengan arsitektur bergaya Tionghoa.

Di pagar depan terdapat gapura dengan hiasan dua singa lengkap ornamen etnis Cina. Sedangkan pintu depan bagian rumah berbahan kayu jati yang konon dipesan langsung dari daratan Cina. Pintu itu terdiri dari dua bagian yang sekelilingnya diberi ukiran bertuliskan huruf Cina. Sedangkan di bagian atapnya mirip seperti di Masjid Bengkok, yaitu melengkung seperti kelenteng.

Rumah ini sekarang dikelola oleh Fon Prawira, cucu Tjong A Fie dari anak keempatnya. Laki-laki paruh baya ini menyambut saya ramah di depan rumah.

Audio: Jangan kecewa ya Regie. Kamu saya suruh bayar 25 ribu bukan berarti semata mata seperti kamu menonton bioskop. Uang yang kamu beli untuk membeli tiket masuk ke rumah ini digunakan untuk perawatan rumah ini. Bagaimanapun rumah ini sejarah yang harus di pertahankan. Jadi jangan marah ya. Saya berharap, kamu menganggap ini sebagai suatu kepedulian terhadap penigngalan Tjong A Fie

Saya memang harus membayar tiket 25 ribu rupiah untuk masuk ke rumah Tjong A Fie. Aturan ini baru ditetapkan awal tahun 2009. Uangnya lantas digunakan untuk merawat rumah.

Ketika masuk rumah, sisa-sisa kemegahan dan kemewahan ala konglomerat Tionghoa masih sangat terasa. Ornamen budaya Cina tampak hamper di setiap sudut ruang. Deretan foto di ruang tamu seolah bercerita, siapa Tjong A Fie di era 1900-an. Salah satunya, ada foto Tjong A Fie bersanding dengan Sultan Deli. Ada juga berbagai foto Tjong A Fie yang bercerita tentang segala kegiatannya di masa itu.

Fon Prawira bercerita tentang siapa itu kakeknya, Tjong A Fie.

Audio: Tjong A Fie adalah orang yang mempuyai kesetiakawanan yang tinggi. Terbukti dia menjadi kepercayan Sultan Deli. Kepercayaan itu karena bentuk kesetiakawananya terhadap Sultan Deli. Itu bukan hal yang gampang. Dia datang dari China untuk berusaha. Kesuksesan usahanya diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu. Ini adalah sebagai bentuk kesetiakawanan dia tehradpa masyarakat sekitar. Ini yang perlu di lestarikan.

Tjong A Fie datang ke Medan yang dulu bernama Labuan Deli pada 1880, meninggalkan kampung halamannya di Provinsi Fukian, Tiongkok. Saat itu Tjong A Fie baru berumur 18 tahun. Ia dating untuk berkebun di Pulau Sumatera, yang santer sebagai Negara perkebunan. Gaungnya sampai ke Tiongkok, mendorong Tjong muda untuk bertualang.

Fon melanjutkan cerita. Semangat pembauran sudah berdenyut di tengah Medan ketika Tjong A Fie hidup seabad silam. Selain Mesjid Bengkok, Tjong A Fie juga membangun berbagai sarana umum untuk menumbuhkan semangat pembauran. Saat itu Medan mulai bergeliat, tumbuh menjadi kota besar yang disambangi pendatang dari berbagai daerah, suku dan agama. Sang taipan Cina ini mendirikan gereja Katolik di Jalan Uskup Agung Sugiopranoto, kuil Buddha Cina di Brayan, Kuil Hindu dan jembatan di Jalan Zainul Arifin, tempat mayoritas etnis Tamil bermukim.

Audio: Semua pembangunan ini adalah terkait dengan pengabdiannya kepada masyarakat. Ini juga bukti bahwa Tjong A Fie tidak hanya memikirkan diri sednrii. Dia membua rumah ibadah, untuk menignkatkan keimanan. Dia bangun rumah jompo,dia sumbang sekolah untuk pendidikan, dll.

Kalau Mesjid Bengkok dibuat dengan arsitektur khas Cina, apakah arsitektur Cina juga mewarnai gereja serta kuil yang dibangun di Medan?

Audio: Tidak, semua harus bentuk China. Itu namanya egois. Kalo Tjong A Fie Mau mungkin dia bisa biin, Rumah Sakit Tjong A Fie. Jembatan Tjong A Fie. Rumah Ibadah Tjong A Fie. Itu semua adalah bentuk penyadaran, termasuk masjid bengkok. Ini untuk mengingkatkan masyarakat. Dia ingin agar masyaraktlah yang merawat pemberiannya.

Di rumah Tjong A Fie, saya bertemu dengan akademisi Universitas Negeri Medan, Fahrizal Fahmi. Fahrizal ada di sana untuk membangu Fon Prawira membentuk Tjong A Fie Memorial Institute, sebuah lembaga pelestari peninggalan sang taipan. Fahrizal lantas berbagi cerita tentang siapa itu Tjong A Fie ketika baru sampai di Medan. Saat itu, namanya adalah Labuan Deli.

Audio: Tjong A Fie datang hanya bermodalkan baju di badan dan juga 6 keping uang china. Setelah itu, dia mencoba membangun kedai yang diperuntukan bagi pekerja perkebunan. Dari sini, usahaya kian berhasil. Hingga akhirnya dia bertemu oleh gadis Tionghoa peranakan dan kemudian memutuskan untuk menikah.

Tjong A Fie datang membawa semangat dan kerja keras. Ketika pertama kali datang, ia membawa serta kuli-kuli Cina daratan yang punya keahlian di bidang perkebunan. Mereka lantas bekerja di kebun milik pemerintah Hindia Belanda di Labuhan Deli. Untuk itu, Tjong A Fie mendapatkan upah yang cukup besar.

Dari upah itu, Tjong membelikan lahan untuk perkebunan. Lama kelamaan, usaha Tjong A Fie membawanya menjadi konglomerat Cina yang sukses di Labuhan Deli. Kesuksesan ini membawa Tjong A Fie dekat dengan Sultan Deli, juga pemerintah Kolonial Belanda. Meski bukan tentara, Pemerintah Belanda menganugerahi pangkat Letnan, jabatan bergengsi bagi orang Cina di Tanah Deli. Tak lama, Tjong A Fie ditunjuk sebagai kepala orang-orang Cina di sana.

Audio: Tjong A Fie diberikan pangkat Mayor. Nah, sebutan mayor ini adalah semacam pemimpin komunitas. Dan sebelum mayor, dia berpangkat letnan. Tapi dia bukan seorang tentara. Ini adalah sebuah jabatan yagn diberikan oleh pemerintah Hindia Belanda agar komunitas China mempunyai seorang pemimpin. Dan Tjong A Fie lah yang ditunjuk sebagai pemimpin.

Medan kala itu seakan-akan jadi milik Tjong A Fie. Dia dikenal dekat dengan setiap strata, mulai dari bangsawan hingga rakyat jelata.

Audio: Suasana jalan dekat rumah Tjong A Fie

Februari 1921, Tjong A Fie meninggal dunia di usia 61 tahun karena pendarahan otak. Ribuan pelayat datang dari penjuru Medan, memberikan penghormatan terakhir bagi Si Taipan Dermawan.

Audio: Waktu Tjong A Fie meninggal, banyak orang yang memberikan simpati dan penghormatan. Mereka berasal dari Penang, Malaysia, karyawan perkebunan baik yang di Brayan atau di Labuan deli, dan masyarkat komunitas dari berbagai suku. Mereka memadati kawasan Kesawan Medan untuk memberikan penghormatan terakhir

Yang bisa dilakukan sekarang adalah melestarikan peninggalan sejarah Tjong A Fie, lewat lembaga Tjong A Fie Memorial Institute. Cucu Tjong A Fie, Fon Prawira berharap di masa mendatang akan ada penerus kedermawanan Tjong A Fie.

Audio: Dengan adanya institut ini, kita harapkan nanti ada kader, yang ingin menyumbang pemikiran terhadap masyarakat. Makanya saya dirikan Tjong A Fie memorial. Tentu kita berharap bantuan. Karena uang ini nanti berguna bagi ribuan anak manusia, terutama yang kurang mampu. Seperti yang pernah dilakukan oleh Tjong A Fie.


[Regie Situmorang | KBR68H]

3 comments:

  1. Apa khabar Bunng Regie?

    Saya akui artikel yang bung Regie cukup baik dan tajam. sepertinya bung menyerap wawancara dengan sumber denga bagus. Tapi kepelopran Tjong A Fie (TAF) terhadap mesjid gg. Bengkok tidak hanya itu saja.

    Ada beberapa fakta yang belum bung sampaikan mengenai kedekatan TAF dengan komunitas Islam di Medan. Saya mendapati guntingan koran dari Sejarawan terkenal Medan pada yang ditulis pada tahun 70 an dengan judul "Selintas Kenangan terhadap jutawan Alm. Tjong A Fie". Dia mengatakan generasi sekarang jangan sampai melupakan sosok TAF seperti batag terendam.

    Ada beberapa fakta yang tidak diungkapkan dalam sumber sejarah, namun diungkapkan dalam artikel tersebut. Setiap tahun TAF pada bulan puasa membagi-bagikan beras, gula dan minyak lampu kepada orang-orang miskin dan masyarakat di sekitar lingkungan di Mesjid Gg. Bengkok. Bahkan pada hari raya TAF menyediakan bergoni-goni uang receh untuk di sedekahkan kepada orang yang membutuhkan.

    Ini sikap yang harus dicontoh oleh generasi sekarang dan diharapkan generasi sekarang tidak melupakan kepeloporannya dalam merangkul semua golongan tidak hanya melayu dan islam tapi juga india, Batak, arab bahkan juga orang eropa.

    * Dari Fahrizal Fahmi Daulay
    Staf Peneliti The Tjong A Fie Memorial Institute

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak Bung Fahrizal atas komentarnya. Feature Regie memang baru sekelumit membahas soal Tjong A Fie, sebuah nama yang terlalu besar untuk feature yang 'hanya' 15 menit. Semoga Bung Fahrizal juga sempat mendengarkan versi audionya. Atau perlu dikirimi lewat pos?

    ReplyDelete
  3. Boleh juga versi audionya dirimkan. Alamatnya Jalan Jendral Ahmad Yani No.105 Medan 20111. Dalam waktu dekat kan mau pameran jadi kami membutuhkan dokumentasi apa aja tuh termasuk juga mungkin audio.

    Oh ya kemana nanti saya kirimkan undangan untuk acara pembukaan Pameran tanggal 21 Maret nanti. Rencananya Gubernur Sumatera Utara yang akan membuka acara itu.

    Saya jamin Bung Regie akan mendapatkan informasi lengkap Tjong A Fie. Tidak hanya itu kami juga rencananya akan membuka gallery dan museum Tjong A Fie yang akan diresmikan Gubernur.

    Salam
    Fahrizal Fahmi

    ReplyDelete